KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MAHMUD YUNUS DALAM KITAB AT - TARBIYATU WA ATTA’LĪMU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM 2013

Authors

  • Vica Luthfiatun Nisrina

DOI:

https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.2

Keywords:

The concept of education, Mahmud Yunus, Curriculum 2013, Kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu

Abstract

  This study aims to find out how Mahmud Yunus's thoughts are still rarely known by students, especially in the field of education and its implications for the 2013 Curriculum. This type of research is a descriptive qualitative research with critical analysis. The data collection technique used is library research (library research). Sources of data taken from primary sources are the book At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu by Mahmud Yunus and 2013 curriculum documents. Secondary sources are taken from literature related to the theme that the researcher takes. The results show that there is a relevance between Mahmud Yunus' educational concept in the book At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu and the 2013 Curriculum. In KI-1 there is no explicit match between the book At-Tarbiyatu wa At-Ta’līmu, but in Mahmud Yunus' view the goal is education globally is happiness in this world and in the hereafter, this happiness can be achieved by means of worship as covered in KI-1 Spiritual Competence. KI-2 Social relates to the concept of educational goals to improve morals, KI-3 Knowledge relates to the concept of seeking knowledge, KI-4 skills relates to the concept of educational goals.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Abu. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Asfiati, Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum, Medan: Perdana Publishing, 2016.

Citalaksana, Yunadi. ‘’Dokumen 1 K13 Revisi 2017.docx’’, https://www.academia.edu/34151711/DOKUMEN_1_K13_REVISI_2017.doc. (diakses pada tanggal 1 feb 2020).

Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi, 2018.

Faisol, Pendidikan Islam Perspektif, t.t: Guepedia, t.th.

Ismail bin Abu Abdullah al-Bukhori al-Ja’fi, Muhammad Jāmi’ Musnad Shohih, (tt: Daar Touq an-Najah, 1422.

Juhroti, Siti. Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dalam Proses Pembelajaran di TK Masyitoh Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2011.

Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014.

Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. 2011.

Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Muhaimin, Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Muhammad, Herry. Tokoh-Tokoh Islam Abad XX, Jakarta: Gema Insani Press, 2006.

Muntahibun Nafis, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.

Nasution, S. Metode Research: Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Permendikbud nomor 36 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah dalam http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud36-2018K13SMA-MALengkap.pdf diakses pada tanggal 1 Desember 2019.

Pratiwi, Widy Setyo. Penggunaan Bahasa Jawa Siswa SMP Negeri 1 Batang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2015.

Ridho, Mohammad Ali, ‘’Profil Pendidik Dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyah Wa At-Ta’lim)’’ (Skripsi di UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014), 69-70.

Rohman, Abdul. ‘’Perbandingan Konsep Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 (Kajian Standar Isi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang SMP).’’ Skripsi di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2015.

Rusnoto. Revolusi Mental dalam Revolusi Industri 4.0. dalam https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/02/28/122270/revolusi-mental-dalam-revolusi-industri-40. Diakses pada 18 Oktober 2019.

Soebadar, Abd. Halim. Wawasan Baru Pendidika Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. 2016.

Supinah & Parmin. Modul Matematika SD Program Bermutu Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Syamsu Yusuf dan Nani Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2012.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

Warson Munawwir, Ahmad. Kamus Almunawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Yani, Ahmad. Mindset kurikulum 2013, Bandung: Alfabeta, 2014.

Yunus dan Qosim Bakri, Mahmud. At-Tarbiyatu Wa At-Ta’līmu, t.t: al-As’Ady, t.th.

Published

2022-06-23

How to Cite

Nisrina, V. L. (2022). KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MAHMUD YUNUS DALAM KITAB AT - TARBIYATU WA ATTA’LĪMU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM 2013. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(1), 17-36. https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.2